Tinggal di apartemen memang tak sama dengan tinggal di perumahan. Di perumahan, Anda bisa bergaul lebih bebas bersama tetangga untuk menjaga hubungan baik. Sedangkan di apartemen? Tidak semudah itu. Apalagi saat ini kebanyakan penghuni apartemen memiliki sifat individualis. Tapi, Anda tetap harus menjaga hubungan baik, ya! Bagaimana caranya?

  1. Sikap Ramah

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar hubungan dengan tetangga di apartemen baik adalah bersikap ramah. Berikanlah senyum pada sesama penghuni apartemen bila Anda bertatap muka dengan mereka. Anda memang tak bisa senyum ke semua penghuni apartemen. Tapi, paling tidak untuk penghuni di satu lantai apartemen Anda saja.

Senyuman yang hangat tentunya akan menimbulkan suasana hangat dan kesan yang bersahabat. Senyum yang Anda berikan bisa jadi juga membuat tetangga Anda berpikir bahwa Anda orang yang baik dan ramah. Ingay, cukup bersikap ramah dengan senyum atau menanyakan kabar saja bila sudah cukup akrab.

Jangan sampai mengorek berbagai info tentangnya dengan cara bertanya yang tidak-tidak. Bukannya hubungan Anda lebih baik, yang terjadi malah sebaliknya. Si tetangga akan tak senang dengan Anda. Kalau sudah begini, Anda sendiri yang akan susah nantinya bila sewaktu-waktu butuh pertolongan.

  1. Komunikasi

Selain itu, cobalah komunikasi yang baik. Bila ada kesempatan longgar, tak ada salahnya Anda mengajak tetangga apartemen berkomunikasi. Mulailah dengan perbincangan yang ringan saja dan pilih topik yang tidak menyinggung perasaannya. Kalau perlu, cobalah untuk katakan padanya bahwa Anda bisa membantu bila mereka butuh bantuan.

Kondisi seperti ini tentunya akan mencairkan suasana dan membuat hubungan Anda dan tetangga menjadi lebih akrab. Bila suatu saat Anda dan tetangga menghadiri suatu event yang sama, kalau perlu salinglah bertegur sapa juga. Hal ini tentunya akan makin mengakrabkan hubungan Anda.

Namun, Anda juga harus tahu diri. Ketika tetangga menunjukkan rasa risih dan tak senang dengan percakapan yang terjadi, ada baiknya segera ganti topik pembicaraan. Kalau ternyata masih menunjukkan hal yang sama, segeralah akhiri komunikasi tersebut dengan cara yang sopan.

  1. Bersosialisasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar hubungan dengan tetangga apartemen baik adalah bersosialisasi. Tak ada salahnya mengajak tetangga untuk jogging atau ke gym center  bersama atau pergi ke acara yang sama bersama. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda ingin mengenal baik mereka agar bisa terjalin hubungan yang baik.

  1. Jaga Ketenangan

Agar hubungan bertetangga bisa tetap harmonis, baiknya jagalah ketenangan. Jangan sampai membuat keributan yang tak perlu. Kalau keributan tersebut berasal dari anak-anak, mungkin Anda bisa membuat si kecil tidak terlalu ribut di jam-jam istirahat. Kalau karena Anda sendiri, misal hobi menyetel musik dengan suara yang keras, sebaiknya hentikan sekarang.

  1. Kondisikan Hewan Peliharaan

Sebagian apartemen memperbolehkan penghuninya memelihara hewan peliharaan. Nah, kalau Anda memilikinya, ada baiknya kondisikan hewan tersebut agar tak mengganggu orang lain. Latih hewan peliharaan Anda agar tidak berisik dan tahu di mana tempat mereka harus membuang kotoran. Jadi, tidak asal tempat saja dan mengganggu tetangga sekitar rumah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar hubungan tetangga bisa lebih baik. Nah, bagi Anda yang tertarik tinggal di apartemen, bisa coba tinggal di apartemen Green Pramuka City saja. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan tinggal di sini. Paling penting, Anda juga bisa bebas menjaga hubungan baik dengan tetangga sekitar.

Recommended Posts

5 Comments

  1. perlu lbh intensif disosialisasikan norma2 hidup bertetangga.,hrs diperbanyak ruang publiknya utk bs saling berinteraksi….antar watga….

  2. Dimana pun tanpa tetangga/orang lain kita tidak bisa apa. Ramah dengan tetangga itulah yg terbaik.

  3. Tempatnya stategis smua fasilitas tersedia cocok buat yg sudah berkeluarga

  4. Tegur dan sapa adalah cara yang terbaik untuk hidup bertetangga…


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *